Langsung ke konten utama

Spreadsheet Berbasis Microsoft Excel 2007

Spreadsheet merupakan software atau program aplikasi yang berupa lembar kerja elektronik yang didesain untuk keperluan pengolahan angka organisasi dan analisis data dalam bentuk tabel yang dikembangkan sebagai simulasi komputerisasi akuntansi lembar kertas, salah satunya ialah Microsoft Excel.
 Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS yang berfungsi untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. 


Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah. 

Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.


Ada empat jenis data yang dapat dimasukkan ke dalam sel pada program pengolah angka Microsoft Excel yaitu data teks (label), angka (value),waktu (time),dan tanggal (date).
 
  1. Data Teks (Label)
Data ini terdiri atas kumpulan huruf. Data teks dapat dimasukkan bilangan, namun harus
didahului tanda petik ( ‘ ). Misalnya ’45.
Berikut Adalah karakter-karakter yang dapat dimasukkan
ke dalam sel Excel.
a)     Huruf : A, a, B, b, ….
b)     Angka : 1, 2, 3, 4, ….
c)      Simbol : !, @, #, $, ….
d)     Spasi

  1. Data Angka (Value)
Data angka yang dapat dimasukkan ke dalam sel pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut :
a.       Bilangan bulat : 1001
b.      Bilangan pecahan desimal : 0,35
c.       Bilangan pecahan bulat : 18
d.      Bilangan dengan notasi ilmiah: 10.2E +3 artinya: 0,2 × 103.
e.       Bilangan negatif yang di awali tanda minus (-), misalnya – 12.

  1. Data waktu (time)
Contoh data waktu adalah 07:30, 15 am

  1. Data Tanggal (Date)
Format data tanggal yang dapat dimasukkan kedalam sel adalah sebagai berikut :
a.       Feb 16, 2009
b.      2 / 16 / 2009
c.       16 – Feb – 2009
d.      16 – 02 – 2009

Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan.

- Cell merupakan bagian terkecil dari worksheet yang dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter). Isi cell dapat berupa value, formula atau text, contoh : A3, K5. 

- Column, adalah ruang antara 2 garis tegak pada worksheet, setiap kolom memiliki nama berdasarkan abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD. 

- Row, adalah ruang antara 2 garis mendatar pada worksheet, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan angka, dari 1 hingga 1.048.576. 

- Column Header, adalah induk dari sebuah kolom. Peraturan dan perubahan pada induk ini akan berakibat kepada seluruh sel yang terdapat pada kolom tersebut. Colomn header diwakili oleh huruf, seperti A, B, C, D dan seterusnya. 

- Row Header, adalah induk dari sebuah baris, peraturan pada row header ini, juga akan berakibat pada seluruh sel yang terdapat pada baris tersebut. Row header diwakili oleh angka, seperti 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya. 

- Worksheet (Lembar Kerja), merupakan kumpulan dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris. 

- Workbook (Buku Kerja), merupakan kumpulan dari 256 worksheet (bernama sheet1 sampai sheet256). 

- Range, merupakan sekelompok cell yang akan mendapat aksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah atau sebaliknya, contoh : A2-C7 adalah range mulai dari cell A2 sampai cell C7.

- Alamat Relatif, merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.

- Alamat Semi Absolut, merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ (dollar) didepan baris atau kolom sehingga nilai tidak akan berubah. Atau tekan F4 2x pada keyboard anda.

- Alamat Absolut, merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ (dollar) didepan baris dan kolom. Atau tekan F4 pada keyboard anda. 


Pengenalan Interface/Tampilan Microsoft Excel 2007
Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing-masing komponen berikut) :

Office Button – Quick Access Toolbar – Menu Bar (Baris Menu) – Title Bar (Baris Judul) – Tool Bar (Baris Tool Bar) – Tombol Ukuran (Sizing Button) Name Box – Formula Bar Column Baris – Tab Worksheet – Insert Worksheet – Status Bar – Document Area – Horizontal Scroll Bar – Vertical Scroll Bar – Zoom – Tampilan Layar.



  •  Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
  • Quick Access Toolbar terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
  • Menu Bar terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
  • Title Bar berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
  • Tool Bar tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
  • Tombol Ukuran  digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
  • Name Box Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
  • Formula Bar  anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
  • Sel Aktif tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
  • Column Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
  • Baris untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
  • Tab Worksheet perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
  • Insert Worksheet dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
  • Status Bar Status lembar kerja anda.
  • Document Area merupakan lembar kerja yang aktif.
  • Horizontal Scroll Bar perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
  • Vertical Scroll Bar perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
  • Tampilan Layar terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
  • Zoom perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Rantai Melingkar Dengan CorelDRAW

Trik atau cara membuat rantai melingkar dengan CorelDRAW ini merupakan trik original yang belum pernah di posting di blog atau website manapun, kalaupun ada bisa dimungkinkan hasil dari copas atau ide dari blog kita tercinta ini. Soalnya dalam pencarian aku obok-obok tidak menemukan satupun tutorial seperti ini, sehingga aku berfikir keras untuk mencari trik yang benar-benar jitu dan cepat dengan sedikit menggunakan rumus matematika untuk membuat sebuah object rantai melingkar.

ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI SEKOLAH

               Pada dasarnya jiwa kepemimpinan dimiliki oleh setiap diri manusia (self leadership), setidaknya dirasakan manakala seseorang melewati suatu proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya, namun dalam mengaktualisasikan kepemimpinan itu sendiri sering sekali manusia dihadapkan pada berbagai problematika hidup silih berganti, tidak sedikit persoalan muncul hanya disebabkan kesalahan dalam bertindak dan keliru mempersepsikan sesuatu, untuk menghindarinya menjadi penting faktor pengendali diri, salah satunya adalah dengan mempedomani nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan, jadi kepemimpinan dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangat erat.

Cara Mudah Menggambar Tali di CorelDRAW

Cara Mudah Menggambar Tali di CorelDRAW Sebenarnya Artistic media adalah tool yang bertujuan untuk membuat brush yang nantinya kita gunakan untuk membuat gambar-gambar rumit yang dirasa sulit untuk membuatnya secara manual, kalaupun bisa akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya, misalnya untuk membuat tali yang melingkar-lingkar. Dengan memanfaatkan Artistic Media tool kita dengan mudah untuk membuatnya, seperti pertanyaan teman kita pada Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia beberapa waktu lalu tentang membuat tali melingkar.