Langsung ke konten utama

MEMO



Memo merupakan kependekan dari memorandum yang ditulis dalam rangka menginformasikan segala perubahan, pengenalan aturan baru, pemberhentian karyawan, dan surat perintah yang singkat . Memo merupakan sebuah pesan singkat yang ditulis oleh seorang atasan kepada bawahannya. Contoh memo dalam bahasa Inggris memang mutlak diperlukan oleh siswa. Selain berguna untuk memperluas pemahaman mengenai bahasa Inggris, memo juga data digunakan ketika mereka bergaul atau bersosialisasi di dunia nyata. 
Tak ada perbedaan yang signifikan dari bentuk dan format penulisan pada memo dalam Bahasa Inggris ini. Di bawah ini, kami memberikan beberapa contoh memo dalam bahasa Inggris yang bisa anda aplikasikan secara langsung dalam kehidupan nyata, atau hanya digunakan dalam rangka belajar membuat memo.


Secara umum, ciri-ciri dalam pembuatan memo adalah


  1. Surat khusus yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi
  2. Dilihat dari peredarannya, sebuah kantor atau organisasi dapat menyampaikan memo secara horizontal maupun secara vertikal
  3. Penyampaian secara horizotal merupakan penyampaian memo kepada pihak yang memiliki jabatan setara
  4. Penyampaian secara vertikal merupakan penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu
  5. Merupakan bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal
  6. Memiliki bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, terutama dalam isi surat.
  7. Karena pedarannya yang terbatas, memo biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos secara lengkap

Adapun ciri format memo adalah

Bentuk memo terdiri atas dua bagian:

  • Kepala Memo
    • kata "MEMO"
    • Penerima
    • Pengirim
    • Tanggal pengimin
    • Paraf dan nama terang pengirim
  • Isi, penulis angsung menyampikan pesan atau perintah dalam kalimat pendek dan lugas.
  • Kaki memo
    • Tertanda (bisa berupa tanda tangan, paraf, cap jempol dan semacamnya)
    • Nama pembuat memo



Contoh :
---------------------------------------------------------------------------------------                                                 MEMO

To         : All employees
From     : Ronny S.H.
               Director, Personel
Date      : May 23, 2012
Subject  : Charitable Leave
       The corporation is pleased to announce a new policy which will allow employees to take paid time off for volunteer activities. Employees may take up to eight hours of paid leave per month to volunteer for charity organizations. Employees are eligible for this programs if they are full-time and have been employed here for at least one year. Charitable leave must be requested in advance; otherwise, employees will not be paid for that time. Charitable leave must also be approved by the employee's supervisor.


 -----------------------------------------------------------------------------------
                                                      MEMO
Inspire Electronics Center
Jakarta, Indonesia

Official memo

To: All Employees
From: Muhammad Lutfi, Manager
Date: June 21st, 2013
Subject: Farewell Ceremony

It is used to tell you all that the farewell ceremony in honor of Aldi Dafian, Assistant Manager, will be held at 07:00 PM on June 25, 2013. All people in this company are required to attend the ceremony.

=====================================================================
Materi silahkan download  Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Rantai Melingkar Dengan CorelDRAW

Trik atau cara membuat rantai melingkar dengan CorelDRAW ini merupakan trik original yang belum pernah di posting di blog atau website manapun, kalaupun ada bisa dimungkinkan hasil dari copas atau ide dari blog kita tercinta ini. Soalnya dalam pencarian aku obok-obok tidak menemukan satupun tutorial seperti ini, sehingga aku berfikir keras untuk mencari trik yang benar-benar jitu dan cepat dengan sedikit menggunakan rumus matematika untuk membuat sebuah object rantai melingkar.

ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI SEKOLAH

               Pada dasarnya jiwa kepemimpinan dimiliki oleh setiap diri manusia (self leadership), setidaknya dirasakan manakala seseorang melewati suatu proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya, namun dalam mengaktualisasikan kepemimpinan itu sendiri sering sekali manusia dihadapkan pada berbagai problematika hidup silih berganti, tidak sedikit persoalan muncul hanya disebabkan kesalahan dalam bertindak dan keliru mempersepsikan sesuatu, untuk menghindarinya menjadi penting faktor pengendali diri, salah satunya adalah dengan mempedomani nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan, jadi kepemimpinan dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangat erat.

Cara Mudah Menggambar Tali di CorelDRAW

Cara Mudah Menggambar Tali di CorelDRAW Sebenarnya Artistic media adalah tool yang bertujuan untuk membuat brush yang nantinya kita gunakan untuk membuat gambar-gambar rumit yang dirasa sulit untuk membuatnya secara manual, kalaupun bisa akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya, misalnya untuk membuat tali yang melingkar-lingkar. Dengan memanfaatkan Artistic Media tool kita dengan mudah untuk membuatnya, seperti pertanyaan teman kita pada Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia beberapa waktu lalu tentang membuat tali melingkar.