Langsung ke konten utama

Presentasi Menggunakan Ms. Powerpoint

Presentasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, dengan tujuan untuk memberikan penjelasan yang tentang suatu topic oleh seorang presenter kepada audiennya. Termasuk di dunia pendidikan presentasi merupakan suatu kemutlakan yang harus dilakukan oleh seorang tenaga pendidik terhadap peserta didiknya di dalam proses pembelajaran, dengan tujuan agar transfer knowledge dapat terjadi secara optimal.
Dalam proses presentasi ini, peranan media pendukung merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran tersebut, karena dengan adanya media pendukung, proses komunikasi dapat berlangsung dengan lebih baik. Salah satu jenis media pendukung tersebut adalah slide presentasi.
Dengan berkembangnya teknologi komputer, maka peranan slide ini dapat digantikan oleh beberapa jenis aplikasi, salah satu yang paling populer adalah Microsoft PowerPoint
Microsoft Powerpoint adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu mempresentasikan materi atau data makalah anda dihadapan orang banyak. Tampilan dari powerpoint adalah berbentuk lembaran (slide). Tiap-tiap slide yang ditampilkan biasanya berisi tentang inti dari materi yang anda presentasikan.

Komponen-komponen jendela aplikasi Power Point 2007
A.     Microsoft office Button, tombol yang berisi sebuah menu pull down . item-item yang terdapat pada menu tersebut mirip dengan item menu file pada Microsoft power point versi-versi sebelumnya.  Item menu yang terdapat pada Microsoft office button adalah sebagai berikut:
o    New, digunakan untuk membuat sebuah presentasi baru.
o    Open, digunakan untuk membuka sebuah presentasi yang telah disimpan sebelumnya.
o   Convert, item menu ini hanya muncul apabila anda bekerja dengan presentasi yang memiliki format berbeda dengan format presentasi power point 2007.
o      Save, digunakan untuk menyimpan presentasu yang sedang disunting.
o      Save as, digunakan untuk menyimpan presentasi kedalam format lain.
o      Print, digunakan untuk mencetak presentasi
o      Finish, digunakan untuk mempersiapkan presentasi dalam proses distribusi.
o      Send, digunakan untuk mengirim presentasi melalui internet atau fax.
o      Publish, digunakan untuk mengatur proses publikasi presentasi.
o    Close, digunakan untuk menutup presentasi yang sedang disunting tanpa menutup aplikasi power point 2007.

B.  Quick Acces Toolbar, merupakan toolbar yang berisi tombol-tombol pintas untuk beberapa pekerjaan tertentu yang sering dilakukan.
C.   Title Bar, berisi nama file yang sedang dibuka diikuti dengan nama aplikasinya, dalam hal ini adalah Microsoft power point.
D.   Ribbon, semacam toolbar berisi tombol-tombol pintas untuk mengerjakan berbagai hal.
E.   Panel Slides/Outline, panel yang menampilkan thumbnail atau outline slide.
F.   Slide, presentasi yang dirancang menggunakan power point 2007 menggunakan dasar slide. Ke dalam slide ini anda bisa menambahkan teks, gambar, animasi, dan lain-lain yang digunakan dalam presentasi anda. Mulai sekarang akan digunakan kata “slide” untuk menyatakan sebuah slide tunggal dan “presentasi” untuk menyatakan rangkaian slide yang menyusun suatu presentasi yang terangkum dalam sebuah file.
I.    Area catatan, digunakan untuk memberikan catatan tertentu terhadap suatu slide.
J.    Kelompok tombol view, digunakan untuk mengatur tampilan slide.
K.   Zoom slider, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan slide.
L.   Tombol fit slide to current window, mengatur tampilan slide sedemikian rupa sehingga tepat memenuhi jendela yang tersedia.

Pengenalan Layar Kerja Power Point
a.      Menu Bar                     :  Daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa Perintah.
b.      Standart Toolbar      :  Tools untuk menangani file, menyisipkan objek baik gambar atau grafik.
c.       Formatting Toolbar   :  Tools yang terdiri dari item yang berhubungan dengan
pengaturan huruf atau tulisan.
d.      Slide Sorter View   :  Menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil
e.      Slide Show                   :  Menampilkan tayangan sebuah slide.
f.        Drawing Toolbar        :  Tolls yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pembuatan ataupun pengaturan gambar. 

Materi Presentasi Download Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Rantai Melingkar Dengan CorelDRAW

Trik atau cara membuat rantai melingkar dengan CorelDRAW ini merupakan trik original yang belum pernah di posting di blog atau website manapun, kalaupun ada bisa dimungkinkan hasil dari copas atau ide dari blog kita tercinta ini. Soalnya dalam pencarian aku obok-obok tidak menemukan satupun tutorial seperti ini, sehingga aku berfikir keras untuk mencari trik yang benar-benar jitu dan cepat dengan sedikit menggunakan rumus matematika untuk membuat sebuah object rantai melingkar.

ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI SEKOLAH

               Pada dasarnya jiwa kepemimpinan dimiliki oleh setiap diri manusia (self leadership), setidaknya dirasakan manakala seseorang melewati suatu proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya, namun dalam mengaktualisasikan kepemimpinan itu sendiri sering sekali manusia dihadapkan pada berbagai problematika hidup silih berganti, tidak sedikit persoalan muncul hanya disebabkan kesalahan dalam bertindak dan keliru mempersepsikan sesuatu, untuk menghindarinya menjadi penting faktor pengendali diri, salah satunya adalah dengan mempedomani nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan, jadi kepemimpinan dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangat erat.

Cara Mudah Menggambar Tali di CorelDRAW

Cara Mudah Menggambar Tali di CorelDRAW Sebenarnya Artistic media adalah tool yang bertujuan untuk membuat brush yang nantinya kita gunakan untuk membuat gambar-gambar rumit yang dirasa sulit untuk membuatnya secara manual, kalaupun bisa akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya, misalnya untuk membuat tali yang melingkar-lingkar. Dengan memanfaatkan Artistic Media tool kita dengan mudah untuk membuatnya, seperti pertanyaan teman kita pada Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia beberapa waktu lalu tentang membuat tali melingkar.