Langsung ke konten utama

Peranan User ID dan Password

User adalah pengguna computer,sedangkan ID adalah identitas. User ID adalah identitas pengguna computer. User ID atau biasa disebut dengan Username merupakan serangkaian huruf yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses internet. Apabila kita sudah mendaftarkan diri ke ISP maka secara otomatis akan diberikan username dan password yang digunakan untukmengakses internet.
Password merupakan serangkaian huruf atau angka yang merupakan sandi untuk dapat mengakses internet. Password bersifat rahasia, sehingga kita tidak diperkenankan memberitahukanya kepada orang lain.ketika pengguna memasukan password,maka yang terlihat pada tampilan komputer hanya berupa karakter bintang(*) sehingga tidak akan terbaca dalam bentuk angka maupun tulisan. Search engine/mesin pencari juga menyediakan kata bantu apabila user/pengguna lupa akan passwordnya.
Password adalah keamanan yang sangat penting di dalam komputer, jadi setiap komputer yang menggunakan password pasti akan lebih aman dari tangan – tangan jahil.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan akun-akun kita di internet:
1. Jangan Menggunakan Password Yang Sudah Umum
Seorang teman saya pernah meminta bantuan untuk memperbaiki kerusakan di dalam blog WordPress miliknya. Lalu dia memberikan username dan passwordnya pada saya. Waktu itu saya sangat kaget karena password WP login blognya sangat mudah dan rentan kena dibajak. Waktu itu dia pakai username “admin” dan passwordnya “123456789”. Langsung saya suruh ganti dengan username dan password baru yang tidak umum.
Sama halnya dengan akun email dan akun media sosial. Sebaiknya kita tidak menggunakan password yang sangat mudah ditebak dan rentan diambil alih orang lain.  Contoh password yang tidak kuat: password, 123456789, secret, nama. Kalau saat ini Anda menggunakan model password seperti ini, maka sebaiknya segeralah menggantinya sebelum menjadi korban pembajakan. Memang password yang kuat tidak selalu menjamin keamanan akun kita, tapi setidaknya kita sudah memberikan pengamanan yang baik pada akun kita.
2. Menggunakan Simbol-simbol Yang Unik Dalam Password
Salah satu cara untuk membuat password atau sandi akun Anda lebih kuat adalah dengan menggunakan simbol-simbol.
Contohnya:  |=(0_+)?  atau  !~(-_-“)~?  atau  *8(^_^)~!   dan masih banyak lagi, ini hanya contoh ya!
Gabungan simbol-simbol ini memang terlihat cukup sederhana, namun jauh lebih kuat dibandingkan dengan password yang sudah umum seperti di atas.
3. Menggunakan Angka dan Simbol
Cara lain untuk menciptakan password yang kuat dan mudah diingat adalah dengan menggabungkan angka dan simbol unik. Yang perlu kita ingat adalah menciptakan kombinasi angka dan simbol yang mudah diingat, misalnya membuat rumus perhitungan matematika.
Contohnya: 19+20=39 atau (10+10)x10=200 dan masih banyak lagi, ini hanya contoh.
4. Menggunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol Dalam Password
Menurut saya ini adalah cara yang paling baik untuk membuat password yang lebih kuat. Biasanya password seperti ini tidak bisa ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena menggunakan variasi yang rumit.
Contohnya: Ber2$aTu7aN* (berdua satu tujuan) atau P4caRko3_C4nT!k (pacar ku cantik)
Kalau sepintas kita lihat seperti bahasa anak alay ya hehehe. Tapi password seperti ini adalah yang paling aman dan hampir tidak mungkin bisa dipecahkan oleh seorang pencuri. Walaupun karakter yang kita ciptakan terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol, akan lebih baik bila password yang diciptakan itu memiliki sebuah arti agar lebih mudah untuk mengingatnya.
5. Menggunakan Password Yang Berbeda Untuk Setiap Akun
Ada gunanya juga bila Anda membuat password yang berbeda untuk setiap akun di internet. Misalnya untuk akun twitter menggunakan password seperti poin 2 di atas, maka akun twitter bisa menggunakan password seperti poin 3, dan lain-lain, tergantung kebutuhan dan keingingan Anda. Ini adalah upaya pencegahan ketika password salah satu akun di internet, misalnya Facebook diketahui si pencuri, akun Anda di tempat lain tidak bisa dibajak dengan password yang sama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Rantai Melingkar Dengan CorelDRAW

Trik atau cara membuat rantai melingkar dengan CorelDRAW ini merupakan trik original yang belum pernah di posting di blog atau website manapun, kalaupun ada bisa dimungkinkan hasil dari copas atau ide dari blog kita tercinta ini. Soalnya dalam pencarian aku obok-obok tidak menemukan satupun tutorial seperti ini, sehingga aku berfikir keras untuk mencari trik yang benar-benar jitu dan cepat dengan sedikit menggunakan rumus matematika untuk membuat sebuah object rantai melingkar.

ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI SEKOLAH

               Pada dasarnya jiwa kepemimpinan dimiliki oleh setiap diri manusia (self leadership), setidaknya dirasakan manakala seseorang melewati suatu proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya, namun dalam mengaktualisasikan kepemimpinan itu sendiri sering sekali manusia dihadapkan pada berbagai problematika hidup silih berganti, tidak sedikit persoalan muncul hanya disebabkan kesalahan dalam bertindak dan keliru mempersepsikan sesuatu, untuk menghindarinya menjadi penting faktor pengendali diri, salah satunya adalah dengan mempedomani nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan, jadi kepemimpinan dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangat erat.

Daya Tarik Wisata

Kawah Ijen Menurut undang – undang Republik Indonesia Nomor 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan , ada dua jenis objek dan daya tarik wisata , yaitu (1) objek dan daya tarik wisata ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang berwujud keadaan alam, flora dan fauna; dan (2) objek dan daya tarik wisata hasil karya manusia yang berwujud museum, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni budaya, wisata agro, wisata tirta, wisata buru, wisata petualangan alam, taman rekreasi dan tempat hiburan.